Tutorial Dasar Adobe Premiere: Cara Membuat Project Dan Squence

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Hallo, selamat datang di resosgra, pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial dasar aplikasi adobe premiere, mungkin bagi kalian yang sudah biasa editing video tidak asing lagi mendengar aplikasi adobe premiere ini.

Yap, adobe premiere adalah salah satu aplikasi untuk editing video buatan dari perusahaan terkenal adobe. Adobe premiere termasuk aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para videomaker/filmmaker di seluruh dunia maupun di Indonesia. Yah meskipun masih banyak software lain sih tetapi software yang satu ini bisa dibilang “lebih handal” ketimbang software lain, hehe.

Bagi kalian yang masih baru mengenal dunia editing video dan ingin belajar menggunakan software adobe premiere kalian bisa stalking terus website ini dengan cara subscribe email kalian dibagian footer web karena setiap artikel yang rilis akan dikirimkan otomatis ke email kamu. Khusus untuk tutorial kali ini saya akan memberikan cara membuat project baru dan mengatur squence project di adobe premiere.

Apa itu project?

Tentu saja kalian tahu arti kata project secara umum, tetapi di adobe premiere kata “project” berarti sebuah menu yang nantinya akan menghasilkan sebuah video maksudnya dalam 1 project kalian bisa menggabungkan beberapa buah video menjadi 1. Secara garis besarnya seperti itu.

Apa itu squence?

Squence adalah settingan untuk timeline sebuah project, misalnya kalian menyeting squence dengan frame rate 30 (30fps) maka footage video kalian akan berubah menjadi 30 fps, walaupun video kalian 60 fps, 25 fps dll jika sudah di masukkan ke project dengan settingan squence 30 fps maka hasilnya di timeline akan 30 fps.

Baca Juga: Cara Memotong Footage Video Di Adobe Premiere

Sepertinya langsung saja ya kepembahasannya, namun sebelum memulai ada 2 hal yang perlu kalian persiapkan, yang pertama yaitu: 1 buah file video dengan format mp4, mpeg atau mwv (khusus untuk format mov kalian wajib instal quick time player) dan yang kedua: Aplikasi Adobe Premiere, minimal versi CS4 lah.

Langkah 1: Silahkan buka aplikasi adobe premiere anda, maka akan muncul menu seperti gambar di bawah. Pada display format pilih saja Timecode agar pada time line nanti akan tampil time pada frame video, jangan lupa isi nama project anda, lalu klik OK.

tutorial dasar adobe premiere

Langkah 2: Maka akan muncul menu premiere seperti di bawah ini

tutorial dasar adobe premiere

Langkah 3: Klik kanan pada project dan klik import untuk memasukkan file video anda ke project

tutorial dasar adobe premiere

Langkah 4: Masukkan video kalian ke timeline adobe premiere dengan cara klik lalu drag and drop perhatikan kolom merah pada gambar di bawah ini

tutorial dasar adobe premiere

Langkah 5: Untuk mengetahui settingan effect, motion, scale, dll silahkan klik pada file video di timeline, maka akan muncul menu effect

tutorial dasar adobe premiere

Langkah 6: Untuk mengatur squence video, silahkan klik menu squence lalu pilih squence setting, biasanya video yang kalian masukkan ke timeline itu sudah tersetting squence sesuai dengan fps/data dari video tetapi bisa kalian setting manual

tutorial dasar adobe premiere

Langkah 7: Pada time base squence bisa kalian atur misalnya ingin 24 fps, 25 fps atau 30 fps, tetapi untuk 60 fps biasanya bawaan dari video. Frame size juga mengikuti dari ukuran video tetapi bisa di atur kembali sesuai keperluan. Lalu tekan OK.

tutorial dasar adobe premiere

Jika kalian sudah mengikuti settingan seperti gambar di atas kalian sudah bisa berkreasi dengan video kalian misalnya merubah ukuran frame video, dll. Nah, mungkin hanya itu tutorial saya kali ini, yaitu cara membuat project dan squence video.

Untuk tutorial selanjutnya saya akan memberikan cara bagaimana cara memotong video, memisahkan audio dari video, mengganti audio, cara membisukan (mute) audio, cara save video di premiere, dll. Untuk melihat artikel tentang Tutorial Dasar Adobe Premiere silahkan buka tag artikel : Tutorial Dasar Adobe Premiere silahkan buka dan ikuti perkembangan tutorial dasar adobe premiere. Terima kasih atas kunjungannya dan salam 1 layer grafis.

Share.

About Author

I am a founder & developers of resosgra.com. I just an ordinary people who like photography, design graphic & eat fried rice :)