Solusi Upgrade Motherboard LGA775 Untuk Gaming

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kamu punya komputer dengan spesifikasi jadul? atau masih pake procie jadul? terus ingin mencukupi kebutuhan gaming? jangan khawatir, walaupun komputer anda masih menggunakan spek jadul tetapi masih bisa diupgrade agar setidaknya mencukupi kebutuhan gaming.

Agak memaksa sih sebenarnya, kata “upgrade” artinya adalah mengganti atau menambah beberapa alat (hardware komputer) agar performa dan kualitas menjadi lebih baik dari sebelumnya. Disini saya akan sharing apa saja yang butuh atau perlu di upgrade agar bisa menjalankan games dan programs berat pada PC. Meskipun masih pakai pc jadul.

Perlu diingat, komputer yang bisa diupgrade minimal memiliki socket intel LGA 775 dan socket AM3 untuk AMD. Jika Anda masih menggunakan Intel Pentium 4 ke bawah dan AM2 kebawah untuk AMD, sebaiknya anda jual atau musiumkan (hehehe) komputer Anda dan rakitlah komputer yang baru. Lagian, harga komputer pentium IV sangat murah di pasaran, jadi lebih baik Anda simpan saja sebagai koleksi.

Kenapa?

Pertanyaan yang bagus. Komputer Pentium IV ke bawah atau AMD AM2 tidak lagi mampu menangani game dan program berat terbaru saat ini. Jika Anda memaksa memasang VGA Mid End sekalipun, hasilnya pasti bottleneck karena procie jadul tidak mampu menangani performa VGA Card kelas Mid End. Misal Processor Pentium IV 4,2 Ghz dipasangkan dengan VGA Nvidia GTS 450 dengan kapasitas Memory 1Gb dan Interface GDDR5 128 bit, jelas Prosesor Pentium IV yang bakalan ngosngosan. hehehe.

Penting untuk diperhatikan!

Jika PC yang akan anda upgrade adalah PC dengan procesor Pentium IV Intel dan AM2 AMD (seperti penjelasan di atas) lebih baik ganti baru. System requirement game Watch Dog 2014 adalah Intel Quad Core dan AMD 6 Core.

Jika PC Anda memakai motherboard LGA 775, ini masih bisa di upgrade. Paling tidak untuk 3 tahun ke depan masih bisa mumpuni untuk menjalankan games dan program berat. LGA 775 masih memiliki processor berkecepatan tinggi, hampir setara dengan Core i5, yaitu Intel Core 2 Quad yang memiliki 4 inti Core yang jelas lebih cepat dari Core i3. Tetapi Core 2 Quad tidak di bekali dengan graphic yang mumpuni dan kalah dalam hal teknologi jika dibandingkan dengan Intel Core i Series.

Jadi Anda harus memasang Kartu Graphic tambahan. Core i5 dan i3 pun harus memasang kartu graphic untuk bisa menjalankan game dan program berat. Jadi sama saja to… Tetapi keunggulan Core i series sudah menggunakan Chipset mobo yang lebih tinggi dan sudah mendukung RAM DDR3 dan SATA 6Gb/s, inilah yang sangat membedakan antara teknologi lama LGA 775 dengan LGA 1150 ke atas.

Jika PC anda memiliki procesor core i3, i5 atau i7, sudah pasti muantap banget, bisa di upgrade kemana-mana. hehe.

Jika PC anda AMD dengan socket AM3 itu tergantung kantong Anda, untuk Socket AM3 terdapat banyak processor berbagai seri dengan kecepatan tinggi. Bahkan processor AMD tercepat pun terdapat pada socket AM3. Jika anda masih menggunakan socket AM1 atau AM2, lebih baik jual PC anda dan merakit yang baru.

Spesifikasi Full Upgrade Maksimum Untuk LGA775 (Intel)

Berikut ini adalah spesifikasi full untuk LGA775, setidaknya dengan spesifikasi ini anda sudah bisa merasakan game-game yang cukup berat seperti GTA V, dll selain itu komputer anda juga sudah bisa menjalankan software grafis yang cukup berat seperti Adobe After Effects CC 2015 atau Adobe Premiere Pro CC 2014. Berikut spesifikasinya:

– Prosesor Intel® Core™2 Quad Processor Q9650 (12M Cache, 3.00 GHz, 1333 MHz FSB) anda juga bisa membeli Intel Core 2 Quads Extreme yang dimana harganya agak lebih mahal dari Core 2 Quads walaupun sekend.
– RAM DDR2 2GB x 4 Slot: 8GB DDR2.
– VGA DDR3 Series (anda bisa pilih Nvidia atau AMD, dengan memori video 1GB atau 2GB).

Mungkin jika untuk mencukupi kebutuhan gaming pada komputer jadul (LGA775) hanya bisa upgrade sampai disitu saja karena memang prosesor jenis baru lebih support ke LGA1156, LGA1155 atau LGA1150 yang sudah bisa menjalankan prosesor intel core-i7 series. Mohon maaf pada artikel ini saya tidak memberikan estimasi harga karena mengingat produk untuk LGA775 kebanyakan sudah tidak diproduksi lagi, untuk harga sebenarnya bervariasi karena barang kebanyakan pasti sekend.

Share.

About Author

I am a founder & developers of resosgra.com. I just an ordinary people who like photography, design graphic & eat fried rice :)

  • Agung Mupu

    gan saya boleh tanya?
    saya masih pake lga 775 dengan procie Q8300 2.50 ghz. vga msi gt 730 2gb ddr5. ram 4gb. pertanyaan apakah bottleneck jika pakai vga ddr 5? lalu jika saya tambah 4gb ram lagi apa di recomendasikan?
    lalu kalau boleh nambah lagi, keluhannya fps nya tetap di angka 30 mau di setting low atau high untuk dota, kalau gta 5 sama mau di seting high atau low tetap di fps 25an dan juga suka frezze. terima kasih

    • M.b.b saya dulu juga pernah nyoba LGA775 sama procie quad core, pakai GTX550ti DDR5, performanya lebih enak daripada pake GT630 (vga lowend biasa), kayaknya gak bottleneck, apalagi kalau RAMnya 8GB, saya yakin FPS untuk gaming bakalan nambah. Kalau soal freze saya rasa penyebabnya pada RAM, processor juga salah satunya, kalau prosessor CPU bekerja di atas 90% pasti bakalan freze.