Apa Itu Adobe Media Encoder? Dan Apa Kegunaannya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Hallo, selamat subuh pengunjung setia resosgra, apa kabarnya hari ini? Pastinya tidak sedang tidur kan, maklum saya ngepost artikel ini saat hari subuh, hehe. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang adobe media encoder.

Pasti kalian yang sudah biasa menggunakan produk adobe apalagi aplikasi pengolah videonya seperti premiere pro atau after effects sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Bagi kalian yang belum tahu, adobe premiere adalah aplikasi tambahan yang wajib untuk merender project video. Apa saja sih fitur dan kelebihan adobe media encoder ini? tenang saja, semua akan kita bahas di artikel ini.

Tentang software Adobe Media Encoder:

Sebenarnya tanpa adobe media encoder pun kita bisa melakukan export dan rendering sebuah project video, namun yang jadi kekurangan saat export video di adobe premiere saja, aplikasi bawaan premiere untuk export tidak selengkap adobe media encoder, terutama bagian format atau codec pada video.

Yang menjadi kelebihan lain jika anda menggunakan adobe media encoder adalah anda bisa merender lebih dari 1 project video yang tentunya tidak akan bisa anda lakukan di premiere. Selain itu jika menggunakan AMC (adobe media encoder) anda bisa mengedit video lain di premiere sementara anda juga sedang merender video di AMC. Tentu saja hal tersebut sangat membantu apalagi jika project video lebih dari 1. Di bawah ini adalah tampilan aplikasi adobe media encoder 2015 versi 4 saat di buka:

adobe media encoder

Semua codec, preset dan format video yang ada di premiere pro akan tersedia di adobe media encoder, bahkan lebih lengkap oleh karena itu jika ingin merender video dengan format atau codec tertentu harus menggunakan adobe media encoder.

Namun ada 2 hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum merender video menggunakan adobe media encoder:

  1. Versi adobe media encoder harus sama dengan versi adobe premiere atau adobe after effects milik anda, contoh jika anda menggunakan adobe premiere pro cs6 maka adobe media encoder juga harus cs6.
  2. Anda harus membuat project video dengan premiere atau after effect sebelum merender di adobe media encoder.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai adobe media encoder secara garis besar, intinya adobe media encoder adalah aplikasi tambahan untuk merender video dengan format, codec dan preset yang lebih banyak daripada aplikasi bawaan adobe premiere atau after effects.

Sekian artikel saya kali ini, jangan lupa membaca artikel tutorial lainnya, gunakan menu navigasi atau list kategori di sidebar untuk memudahkan anda mencari tutorial yang ingin anda baca/pelajari. Terima kasih telah berkunjung ke artikel ini, salam 1 layer grafis.

Share.

About Author

I am a founder & developers of resosgra.com. I just an ordinary people who like photography, design graphic & eat fried rice :)